Esok, HMI Cabang Kupang Gelar Seminar Keberagaman.

Kupang, jangkaindonesia.com – Untuk menyadarkan masyarakat akan pemahaman tentang keanekaragaman, Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Kupang akan menggelar seminar dengan mengangkat tema “Sehati Merajut Perbedaan Menuju Cita-Cita Bersama”.

Kegiatan seminar keberagaman ini rencananya akan dilaksanakan pada Sabtu, (30/09/2017) di Aula Hotel Maya Kupang.

Demikian disampaikan Ketua Timwork Seminar Keberagaman, Kasrudin Panggo kepada jangkaindonesia.com, di Kupang Jumat (29/09/2017).

Dijelaskannya, narasumber yang akan hadir masing-masing dari Akademisi, Tokoh Agama dan Tokoh Pemuda yang diwakili oleh Komunitas Peace Maker Kupang (Kompak).

“Target peserta yang akan hadir 100 orang,” pintanya.

Sementara itu, Ketua HMI Cabang Kupang, Munawir La Amin mengemukan perlu membangun pemahaman tentang keanekaragaman suku, budaya, ras, dan agama yang lebih inklusif pluralis, multicultural, humanis dan dialogis-persuasif melalui pendidikan.

Dijelaskan Munawir, ancaman bisa saja muncul di masyarakat seperti minimnya toleransi, inklusivisme dan berbagai jenis fundamentalisme yang dapat merusak hubungan persatuan sesama anak bangsa.

“Pendidikan multikulturalisme merupakan pendidikan yang sangat cocok bagi masyarakat kita pada saat ini, karna multikulturalisme adalah cermin dari Negara kita Indonesia yang bisa di jadikan sebuah pemahaman baru tentang kerukunan beragama dan berbangsa,” ujarnya.

Diharapan dengan adanya diskusi keberagaman ini dapat mempertajam visi intelektual masyarakat termasuk generasi bangsa dalam analisa masalah social yang ada.

“Dari kondisi ini sudah menjadi keharusan bagi HMI untuk tetap bisa menjalankan proses pemahaman tentang indahnya toleransi untuk kemaslahatan umat dan bangsa,” tuturnya. [ji-tim]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *