Mamberob Rumakiek Terus Perkuat Nilai Kebangsaan di Kalangan Pelajar

[SORONG] – Pemahaman terhadap nilai-nilai kebangsaan serta rasa nasionalisme terus menjadi prioritas Senator Asal Papua Barat untuk menerapkan itu di kalangan pelajar. Siswa/i diminta menjadi agen perubahan dengan tetap mengedepankan rasa persaudaraan dengan berlandaskan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 sebagai vondasi kehidupan bermasyarakat.

Diskusi bersama Senator Papua Barat bersama siswa dan Dewan Guru. foto/fren

“Kita terus membentuk karakter dikalangan pelajar untuk menjaga dan melestarikan budaya bangsa dengan tetap mengedepankan Idiologi Pancasila dan UUD 1945 sebagai pijakan dalam kehiduapan berbangsa. Para siswa/i juga kita harapkan kedepannya menjadi pilar dan sumber perubahan yang positif bagi banyak orang”, demikian kata Senator Asal Papua Barat, Mamberob Rumakiek saat membawakan sosialisasi empat pilar kebangsaan di SMA N 2 Kota Sorong pada akhir September lalu.

Pantauan media ini, antusias yang begitu besar dari para dewan guru dan 150 siswa serta undangan yang mengikuti kegiatan itu. Mereka mengikuti pencerahan sekaligus tanya jawab dibuat untuk saling bertukar pikiran tentang pentingnya nilai-nilai kebangsaan dijaga, dirawat sekaliugus menjadi pedoman kehidupan.

Mambe, demikian nama akrab Mantan Ketua Umum GMKI ini mengangkat beberapa isu penting antara lain, pentingnya menanamkan rasa nasionalisme dan solidaritas kebangsaan itu dalam menangkal berbagai bentuk perpecahan yang belakangan ini kian marak terjadi di Indonesia, misalkan adanya kegiatan radikalisme dan intoleransi.

“Selain itu, para siswa sebagai penerus bangsa dalam kondisi saat ini sangat rawan untuk dipengaruhi oleh ajaran-ajaran radikal. Karena itulah mengapa kami prioritaskan sosialisasi ini kepada generasi muda agar kedepan mereka sendiri mampu untuk menangkal hal-hal seperti itu”, kata Mambe

Pada kesempatan itu juga, Mambe membuka kesempatan kepada para siswa dan guru untuk bertanya. Sebagian dari mereka menanyakan tentang bagaimana cara yang paling baik dalam menerapkan Idiologi Pancasila dan UUD 1945 dalam kehidupan berbangsa ditangah perbedaan suku, agama ras dan golongan seperti saat ini.

Mambe menjelaskan, Indonesia adalah Bangsa besar dengan idiologi yang mampu menjaga dan mempertahankan perbedaan yang ada, dan hal itupun terbukti dalam kehidupan bernegara yang aman dibawah Konstitusi Undang-Undang Dasar 1945. Pemua dan Pelajar, katanya telah membuktikan itu baik dalam sejarah perjuangan bangsa maupun pemuda dan siswa/i di zaman sekarang. Generasi muda cukup dengan menjaga dan melestarikan kehidupan bermasyarakat yang baik dengan menjaga nilai-nilai Kebhinekaan dan solidaritas, maka Indonesia akan menjadi yang terbaik untuk masa yang akan datang. [fren]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *