Nilai Nasionalisme Harus Tetap Dijaga

Nilai Nasionalisme Harus Tetap Dijaga

Jakarta -Jangkaindonesia.com  – “Sebagai negara yang memiliki vondasi dan nilai-nilai historis Pancasila yang kuat dan selama ini telah mampu menjaga keutuhan dan kesatuan elemen bangsa, dari Sabang sampai Merauke, warisan leluhur yang ada ini harus tetap dijaga dan dilestarikan generasi muda, termasuk menjaga toleransi antar sesama.

Demikian sepenggal kata Anggota DPD RI, asal Papua Barat, Mamberob Rumakiek sewaktu melakukan kegiatan Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan yang diselenggarakan di SMA YPK Bethel Kabupaten Sorong belum lama ini.

Pantauan media dalam kegiatan sosialisasi itu, Mambe, demikian sapaan akrabnya menjelaskan, selama ini dalam pantauannya sebagai wakil dari Papua Barat, ia melihat dalam realitas dan kehidupan sosial masyarakat tergambar masih banyak persoalan yang melilit rakyat di ditanah air, baik itu kekerasan, disintegrasi, ancaman, kenakalan remaja yang membuat kesenjangan itu terjadi antara satu dengan lainnya.

Kondisi ini katanya, bukan tidak mungkin sebagai akibat dari lemahnya peran seluruh elemen bangsa untuk menanamkan nilai-nilai pancasila. Nilai-nilai pancasila menggambarkan kehidupan rakyatnya yang rukun, damai dan tidak membuat ancaman dimana-mana.

Sebab itu, melalui kesempatan ini, ia berharap pemerintah dan masyarakat setempat khususnya para siswa/i untuk lebih berperan sebagai garda depan bangsa yang menghargai dan mampu melestarikan warisan leluhur kepada segenap bangsa.
Anggota DPD RI Asal Papua Barat, Mamberob Rumakiek Saat Membawa Materi Dalam Sosialisasi, Foto Sebelasmaret.com

Anggota DPD RI Asal Papua Barat, Mamberob Rumakiek Saat Membawa Materi Dalam Sosialisasi,

“Adik-adik para siwa/i, kalian adalah generasi bangsa yang luar biasa. Kalian akan menjadi orang yang diperhitungkan jika kalian mampu menunjukan jati diri sebagai anak bangsa yang menghargai dan mampu menerapkan nilai-nilai ini dalam kehidupan kalian setiap hari, tidak saja dalam keluarga, tetapi juga dengan orang lain dan kerabat kerja.

Jangan pernah malas dalam belajar agar suatu waktu kalian akan mampu berbuat kepada daerah kita”, kata Mambe sembari mengajak para siswa-siswi diikuti tepuk tangan para undangan dan unsur pemerintah yang diwakili Kepala Kesbangpol Kabupaten Sorong dan beberapa pegawai setempat.

Dalam konteks yang berbeda, ia menyampaikan rasa terima kasih kepada seluruh elemen rakyat Papua Barat dan unsur Pemerintah Daerah setempat yang telah memberi dukungan kepadanya untuk menjalankan tanggungjawab sebagai wakil dari Papua Barat.

Dalam tanggungjawab ini, menurutnya tentu sebagai anak daerah, ia dengan senang hati menerima kritik dan saran sekaligus apabila ada persoalan yang dapat diselesaikan sepanjang hal itu dalam perannya, maka dengan senang hati akan dilakukan.

“Saya sungguh berterima kasih kepada rakyat Papua termasuk pemerintah. Tanggungjawab ini berat jika dilakukan sendiri, tetapi kalau bersama bapak/ibu saudara/i sekalian, maka ini tidak terlalu berat. Bagi saya, semua ini harus dilakukan bersama-sama agar harapan rakyat Papua dapat terwujud suatu waktu”, jelasnya.

Mengakhiri perbincangannya dalam kesempatan melakukan kegiatan sosialisasi tersebut, Mambe mengharapkan agar kedepan hubungan baik ini tetap dijaga dalam rangka menyerap dan menjawab aspirasi rakyat secara benar dan bertanggungjawab [ji.001]

Tags: ,
banner 468x60