Peran DPD RI Mulai Kelihatan Taringnya

JAKARTA – Pengamat Politik dari Universitas Mercu Buana Jakarta, Maksimus Ramses Lalongkoe menilai peran Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dibawah kepemimpinan Oesman Sapta Oda sekarang mulai terlihat taringnya dalam menjalankan tugas dan tanggungjawab sebagai perwakilan daerah secara baik. Banyak kepentingan rakyat yang dapat tersalur ketika kepemimpinan ini bisa berkolaborasi secara maksimal dengan DPR maupun pemerintah.

“Sejak kepemimpinan Pak Oso, saya lihat sudah mulai kelihatan taringnya sebagai perwakilan daerah. Banyak anggota DPD RI yang menyerap aspirasi daerah dan diperjuangkan di pusat” kata Ramses menjawab wartawan di gedung DPR RI selasa, (19/9).

Ramses menjelaskan, dari aspek penyerapan aspirasi, peran DPR kata Ramses tentu beda dengan DPD, namun demikian DPD tetap di dorong agar semakin bagus hubungan dengan para kepala daerah dalam hal membantu daerahnya masing-masing di tingkat pusat.

Ia juga meminta agar kedepan DPD lebih maksimal lagi dalam penyerapan aspirasi daerah melalui komunikasi politik dengan setiap kepala daerah dimana DPD itu berasal. Ini dimaksudkan agar ada kesamaan tidak saja dalam usulan politik. [ji]

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *